-->

6 Jenis Teh yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

6 Jenis Teh yang Ampuh Menurunkan Berat Badan . Teh adalah minuman yang dinikmati di seluruh dunia. Anda bisa membuatnya dengan menuangkan air panas ke daun teh dan membiarkannya terendam selama beberapa menit agar rasanya meresap ke dalam air. Minuman aromatik ini paling sering dibuat dari daun Camellia sinensis , sejenis semak cemara asli Asia. 


Minum teh telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa teh dapat meningkatkan penurunan berat badan dan membantu melawan lemak perut. Jenis tertentu telah ditemukan lebih efektif daripada yang lain dalam mencapai hal ini.


Di bawah ini adalah 6 Jenis Teh yang Ampuh Menurunkan Berat Badan dan untuk meningkatkan penurunan berat badan serta mengurangi lemak tubuh.


6 Jenis Teh yang Ampuh Menurunkan Berat Badan


Jenis Teh
6 Jenis Teh yang Ampuh Menurunkan Berat Badan


1. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang paling terkenal, dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Ini juga salah satu teh yang paling efektif untuk menurunkan berat badan . Ada bukti substansial yang menghubungkan teh hijau dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh.


2. Teh Puerh

Juga dikenal sebagai teh pu'er atau pu-erh, teh puerh adalah jenis teh hitam Cina yang telah difermentasi. Ini sering dinikmati setelah makan, dan memiliki aroma bersahaja yang cenderung berkembang semakin lama disimpan. Penelitian saat ini terbatas pada ekstrak teh puerh, jadi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah efek yang sama berlaku untuk meminumnya sebagai teh.


3. Teh Hitam

Teh hitam merupakan jenis teh yang mengalami oksidasi lebih banyak dibandingkan jenis lainnya, seperti teh hijau, putih atau oolong. Oksidasi adalah reaksi kimia yang terjadi ketika daun teh terkena udara, sehingga terjadi pencoklatan yang menyebabkan ciri khas warna teh hitam.

Ada banyak jenis dan campuran teh hitam yang tersedia, termasuk varietas populer seperti Earl Grey dan sarapan ala Inggris. Beberapa berteori bahwa potensi efek penurunan berat badan teh hitam mungkin karena kandungan flavonnya yang tinggi, sejenis pigmen tumbuhan dengan sifat antioksidan.


3. Teh Oolong

Teh oolong adalah teh tradisional Tiongkok yang telah dioksidasi sebagian, menempatkannya di antara teh hijau dan teh hitam dalam hal oksidasi dan warna. Ini sering digambarkan memiliki aroma buah, harum dan rasa yang unik, meskipun ini dapat sangat bervariasi tergantung pada tingkat oksidasi.


Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh oolong dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme. Sementara penelitian lebih lanjut tentang efek teh oolong diperlukan, temuan ini menunjukkan bahwa oolong berpotensi bermanfaat untuk menurunkan berat badan.


5. Teh Putih

Teh putih menonjol di antara jenis teh lainnya karena minim diproses dan dipanen saat tanaman teh masih muda. Teh putih memiliki rasa yang khas yang sangat berbeda dengan jenis teh lainnya. Rasanya halus, lembut dan sedikit manis. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, teh putih juga dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak tubuh. 


6. Teh Herbal

Teh herbal melibatkan infus herbal, rempah-rempah dan buah-buahan dalam air panas. Mereka berbeda dari teh tradisional karena biasanya tidak mengandung kafein, dan tidak dibuat dari daun Camellia sinensis . Varietas teh herbal yang populer termasuk teh rooibos , teh jahe, teh rosehip, dan teh kembang sepatu.


Meskipun bahan dan formulasi teh herbal dapat bervariasi secara signifikan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa teh herbal dapat membantu penurunan berat badan dan penurunan lemak. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk melihat efek teh herbal seperti rooibos pada penurunan berat badan.


Akhir Kata

Itu adalah informasi mengenai 6 Jenis Teh yang Ampuh Menurunkan Berat Badan . Meskipun banyak orang minum teh semata-mata karena kualitasnya yang menenangkan dan rasanya yang lezat, setiap cangkir juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Mengganti minuman berkalori tinggi seperti jus atau soda dengan teh dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan menyebabkan penurunan berat badan.


Beberapa penelitian pada hewan dan tabung juga menunjukkan bahwa jenis teh tertentu dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan sekaligus menghalangi pembentukan sel lemak. Namun, penelitian pada manusia diperlukan untuk menyelidiki hal ini lebih lanjut. Selain itu, banyak jenis teh sangat tinggi senyawa bermanfaat seperti flavon dan katekin, yang dapat membantu menurunkan berat badan juga.


LihatTutupKomentar