Perbedaan Matcha dan Teh Hijau

Perbedaan Matcha dan Teh Hijau -- Matcha dan teh hijau keduanya berasal dari tanaman Camellia sinensis. Teh hijau cenderung datang baik longgar atau dikantongi. Matcha adalah bubuk halus dari daun teh hijau yang dihaluskan. Setiap bentuk teh mungkin memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh, dan beberapa orang mungkin lebih menyukai rasa atau khasiatnya daripada yang lain.

Matcha dan Teh Hijau

Apa itu teh hijau?

Teh hijau adalah salah satu bentuk teh dari tanaman Camellia sinensis . Ini adalah tanaman yang sama yang digunakan untuk jenis teh lainnya, seperti teh hitam , putih, dan oolong . Untuk teh hijau, produsen memanen daun teh dan dengan cepat memanaskannya. Ini membantu mencegah daun teroksidasi dan menjadi coklat. Tergantung pada jenis tehnya, mereka mungkin menggunakan metode yang berbeda seperti mengukus, membakar di wajan, atau dijemur untuk memproses daunnya.


Mereka kemudian menggulung dan mengeringkan daun untuk membuat bentuk akhirnya. Menyeduh daun teh dalam air panas menghasilkan teh. Teh hijau memiliki rasa yang bersahaja, berumput, atau seperti sayuran. Saat diseduh, teh meninggalkan cairan bening, hijau kekuningan hingga coklat muda. Teh hijau mungkin memiliki rasa yang agak astringen di mulut. Menyeduh teh terlalu lama menghasilkan minuman yang lebih gelap yang mungkin terlalu pahit bagi sebagian orang.


Apa itu matcha?

Matcha adalah salah satu jenis teh hijau. Pabrikan menggunakan teknik penanaman dan pemrosesan khusus untuk mengubah daun Camellia sinensis menjadi matcha. Mereka menanam tanaman teh di tempat teduh menjelang beberapa minggu terakhir panen. Ini melindunginya dari sinar matahari dan memperlambat pertumbuhan untuk memberikan karakteristik berbeda pada daun teh.


Setelah panen, produsen mengeringkan daun dengan cepat untuk meminimalkan oksidasi. Mereka kemudian membuang batang dan vena dari daun dan menggiling bahan daun menjadi bubuk hijau terang yang halus. Melarutkan bubuk dalam air panas menghasilkan teh. Secara tradisional, orang telah menggunakan pengocok bambu untuk membantu menghilangkan gumpalan bubuk dan memberikan rasa yang konsisten pada minuman. Pengocok modern atau pembuih susu elektrik dapat mencapai hasil yang serupa.


Matcha memiliki warna hijau cerah. Tergantung pada persiapannya, mungkin sedikit berbusa di bagian atas. Matcha memiliki rasa berumput, bersahaja, dengan nada manis dan pahit. Menambahkan susu atau pemanis ke dalam persiapan dapat melunakkan rasanya jika seseorang merasa bahwa itu terlalu kuat untuk mereka.


Perbedaan Matcha dan Teh Hijau

Matcha dan teh hijau berasal dari tanaman yang sama dengan teh lainnya. Perbedaan utama adalah dalam proses produksinya dan konten produk akhir. Matcha melewati proses pertumbuhan dan ekstraksi yang lebih hati-hati daripada teh lainnya. Pabrikan tidak menanam sebagian besar teh hijau di tempat teduh atau melindunginya dari oksidasi. Langkah-langkah tambahan ini membantu mengontrol variabel dalam produksi dan memberi matcha karakteristik dan rasa yang unik.


Teh lain mungkin melalui beberapa proses seperti pemanasan, pengeringan, dan penggulungan setelah panen. Proses yang tepat bervariasi tergantung pada jenis teh hijau. Produk akhir menyebabkan perbedaan rasa untuk matcha dan teh hijau. Di mana teh hijau mungkin memiliki rasa yang ringan dan menyegarkan, matcha cenderung kaya, dengan rasa rumput yang lebih kuat.


Karena minuman tersebut mengandung seluruh daun teh yang dihaluskan, beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai bentuk teh hijau pekat. Orang dapat menikmati rasa ini sendiri atau dengan pemanis ringan seperti madu .


Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Orang-orang telah menggunakan teh hijau sebagai obat di negara-negara seperti Cina dan Jepang selama ribuan tahun. Manfaat teh hijau dan senyawanya seperti:

  • peningkatan kewaspadaan mental
  • memori kerja yang ditingkatkan
  • pereda sakit kepala
  • promosi penurunan berat badan
  • meredakan gejala pencernaan


Meskipun penelitian luas tentang teh hijau dan senyawanya, banyak hasil yang tidak meyakinkan. Ini berarti bahwa para ilmuwan belum mengkonfirmasi manfaat kesehatan dari teh hijau.


Manfaat matcha untuk kesehatan

Matcha berbagi banyak manfaat teh hijau. Proses pertumbuhan, pemanenan, dan persiapannya dapat meningkatkan produksi senyawa tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan, yang menjadikannya sumber konsentrat terbaik dari senyawa ini. Secara khusus, proses ini dapat meningkatkan :

  • kafein
  • theanine
  • klorofil
  • katekin antioksidan


Karena banyak manfaat teh hijau berasal dari antioksidan aktif ini, matcha mungkin memiliki efek positif pada kesehatan fisik dan mental. Manfaat matcha mungkin termasuk:

  • meningkatkan memori dan fungsi kognitif
  • mengurangi stres oksidatif
  • melawan peradangan
  • mengurangi photoaging
  • penanda peningkatan kesehatan metabolisme
  • memperkuat pembuluh darah di jantung
  • mengurangi faktor pertumbuhan tumor di usus

Karena matcha menggunakan seluruh daun, orang bisa mendapatkan ekstraksi senyawa dalam teh yang lebih lengkap. Itulah uraian mengenai Perbedaan Matcha dan Teh Hijau. Semoga bermanfaat.



LihatTutupKomentar